Breaking News
Loading...

Info Post

Manfaat temulawak yang paling terkenal selama ini adalah sebagai penambah nafsu makan. Lebih dari itu, sebenarnya temulawak memiliki segudang manfaat lainnya.

                Orang-orang zaman dahulu sering menggunakan tanaman ini sebagai bumbu masak. Kini temulawak bahkan telah digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit muai dari meringankan penyakit berat seperti lever hingga menghilangkan jerawat.

                Temulawak memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Kurkumin misalnya, adlah zat warna kuning yang memiliki sifat antioksidan.

                Disamping itu, kurkumin dapat membantu lever dalam menetralkan racun-racun yang terdapat dalam asap rokok. Rimpang yang memiliki nama latin Curcuma xanthoriza ini juga dapat digunakan sebagai pelindung hati. Temulawak yang diberikan kepada penderita hepatitis kronis dapat menormalkan nilai Serum Glutamic Pyruvic Transminase (SGPT) dan serum glutamic oxaloacetictransaminase (SGOT) sampai mendekati normal.

Manfaat lain temulawak adalah menghambat osteoarthritis. Osteoarthritis adalah peniisan sendi karena turunnya kadar glukosamin dan kandroitin dalam tulang rawan. Hal ini menyebabkan terjadinya radang sendi. Penyakit ini biasanya menyerang para lansia. Temulawak dapat mencegah radang sendi dan menghilangkan rasa nyeri.

Rimpang ini juga dipercaya sebagai antibakteri, antimikroba, dan antiplak. Pasalnya xanthorrhizol yang terkandung dalam rimpangnya sangat bagus sebagai antimikroba dan antibakteri. Cara kerjanya adalah dengan memicu denaturasi protein sel bakteri, yang akan berakibat keluarnya protein dari sel, sehingga sel bakteri akan mengerut dan mati.

Temulawak juga dapat digunakan sebagai benteng pertahanan terhadap gigi. Bakteri-bakteri seperti streptococcus actinomyces viscocus dan porphyromonas gingivalis dapat dibunuh dengan ekstrak temulawak.

Selain bakteri tersebut, temulawak juga mampu membunuh bakteri propionibacterium acnes, yakni bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Herbal ini juga dapat dikobinasikan dengan bahan jamu yang lain karena sifatnya yang bisa menjadi bahan dasar dan bisa meningkatkan efektifitas bahan yang lain.mengonsumsi temulawak dapat secara langsung dengan rimpang temulawak yang dikeringkan lalu direbus dan diminum airnya.

0 komentar:

Posting Komentar