Breaking News
Loading...

Info Post

Beberapawaktu yang lalu produsen LCD TV mengeluarkan produk baru yang cukup mengesankanyaitu LED TV. Rupa-rupanya produk dengan teknologi LED ( Light Emitting Diode)ini akan segera diikuti juga oleh produsen monitor komputer untuk menggantikanteknologi menggunakan LCD (Liquid Crystal Display).
Sebagaimana yang kitaketahui sebelumnya teknologi LCD monitor mengantikan teknologi CRT (Cathode-RayTube) monitor yang dianggap boros energi dan kurang ramah lingkungan. Demikianhalnya dengan LED monitor ini diharapkan memberi perubahan terhadap penggunaanenergi yang makin hemat dan ramah terhadap lingkungan hidup manusia yang darihari kehari semakin memburuk. Banyak keunggulan yang dihasilkan oleh LEDmonitor dibandingkan dengan LCD monitor, diantaranya adalah :
èKemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halusdan lebih sempurna dibandingkan dengan LCD monitor. Selama ini LCD monitorbanyak dikeluhkan oleh pengguna komputer yang bekerja sebagai desainer grafis,yaitu kemampuan gambar yang dihasilkan oleh LCD tidak sehalus gambar yangdihasilkan oleh CRT monitor. Nah hal inilah yang diperbaiki oleh LED monitor,sehingga nantinya seorang desainer grafis bisa memilih LED monitor sebagaimedia kerjanya.
èKedalaman warna yang lebih tinggi dibandingkan LCDmonitor sampai hampir mendekati warna aslinya.
èKontras Rasio yang cukup tinggi perbandingannyadibandingkan dengan LCD monitor, misalnya sampai dengan 1.000.000 : 1
èTidak menggunakan bahan–bahan yang berbahaya bagilingkungan, salah satunya tidak lagi menggunakan bahan elektronik yangmengandung mercury.
èKarena menggunakan LED, dipastikan tidak menghasilkanflicker (kedip) lebih sering (diistilahkan sebagai “flicker free”)
èPencahayaan yang dihasilkan oleh LED lebih stabildibandingan dengan LCD, sehingga kestabilan cahaya dan warna, sertaketajamannya bisa terjaga selama monitor digunakan.
èKonsumsi energi yang digunakan lebih sedikit (40 %lebih hemat) dibandingkan dengan LCD monitor yang masih menggunakan lampu fluorescentsebagai pemancar cahaya.
èUmur lampu LED lebih lama atau mempunyai masa pakaiyang lebih lama dibandingkan LCD monitor.
èLED monitor dibandingkan dengan LCD monitor akanmempunyai berat yang lebih ringan, disamping itu ketebalannya akan lebih tipisjuga.
Beberapa produsen perangkat komputer yangsudah menggunakan teknologi ini diantaranya adalah Philips, Samsung, LG, danBenq. Tentunya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat,produsen-produsen perangkat komputer merek lainnya khususnya monitor akansegera menyusul pula. 
Bagaimana, apakah sobat Blogger siap untukmencoba Monitor LED ini ????
Salam,Add-IT

1 komentar: