Breaking News
Loading...

Info Post

                Haloooo. . . . sobat blogger, kali ini saya akan share sedikit tips kesehatan nih,simak ya hehehe . . . .
                Kunyitmerupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan untuk beragam keperluan,seperti pewarna makanan, bumbu dapur, atau bahan kosmetik. Ternyata tumbuhanyang memiliki nama latin Curcumadomestica juga berkhasiat mengatassi maag.
               
Maagtermasuk penyakit umum sehingga seringkali dibiarkan karena dianggap tidakberbahaya. Padahal sebenarnya jika tidak segera diobati akan menyebabkan maagakut. Maag merupakan sakit yang timbul akibat kelebihan asam lambung danmenyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Biasanya ditandai dengan gejalamual, muntah, sering merasa lapar, perut kembung, dan nyeri yang luar biasa.
                Maagjuga dapat timbul karena penderita tidak teratur makan. Pola hidup yang kurangsehat seperti mengonsumsi alkohol, tidur tidak teratur, dan stres yangberkepanjangan juga turut berkontribusi. Disaat penyakit kambuh, biasanya wajahterlihat pucat dan perut nyeri, pedih, serta sesak di bagian ulu hati. Jikaterjadi di malam har, tak jarang penderita hingga terbangun ditengah malam danbuang air besar atau diare.
Maag secaraalami dapat disembuhkan dengan ekstrak kunyit. Tanaman tersebut dapatmenetralkan asam lambung, mengobati infeksi selaput lendir lambung, danmengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir. Senyawa aktif kunyit yangbekerja mengatasi nyeri lambung adalah kandungan minyak atsiri sepertiturmerone, cineol, borneol dan zingibene. Kerja senyawa tersebut yakni mencegahproduksi asam lambung, sehingga erosi selapu lendir lambung dapat dihindari.
Mengolahkunyit sebagai obat maag tidak terlalu sulit. Cara pertama, cincang dua rimpangkunyit seukuran ibu jari, rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum satuatau dua hari sekali. Jika terasa pahit dapat ditambah madu atau gula merah.Kedua, haluskan kunyit yang sudah bersih, selanjutnya jemur hingga keringmenjadi bubuk kunyit. Ambil satu sendok teh, tuangkan air mendidih setengahgelas dan aduk. Kemudian saring dan ambil airnya, tambahkan madu dan siap untukdiminum.
Kunyit dapatmengatasi penyakit lain diantaranya : Diabetes, Tifus, Usus Buntu, Disentri,Keputihan, Haid tidak lancar, Memperlancar ASI, dan mengobati Amandel.
Sebaiknya pemakaian kunyit jangan berlebihan, karena akan menjadikankandung empedu kosong, sehingga menyebabkan pencernaan terganggu. Jika inginlebih praktis, dapat menggunakan produk yang diolah secara higienis denganbahan alami sehingga aman di konsumsi.
Sekian duluyaaaa, semoga bermanfaat dan Sobat Blogger sehat selalu. Amiiin.
Salam Add-IT

0 komentar:

Posting Komentar