Breaking News
Loading...

Info Post

                Haloooo . . . . sobat blogger, kali ini saya akan share sedikit tips kesehatan nih, simak ya hehehe . . . .
                Kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan untuk beragam keperluan, seperti pewarna makanan, bumbu dapur, atau bahan kosmetik. Ternyata tumbuhan yang memiliki nama latin Curcuma domestica juga berkhasiat mengatassi maag.
               
Maag termasuk penyakit umum sehingga seringkali dibiarkan karena dianggap tidak berbahaya. Padahal sebenarnya jika tidak segera diobati akan menyebabkan maag akut. Maag merupakan sakit yang timbul akibat kelebihan asam lambung dan menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Biasanya ditandai dengan gejala mual, muntah, sering merasa lapar, perut kembung, dan nyeri yang luar biasa.
                Maag juga dapat timbul karena penderita tidak teratur makan. Pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol, tidur tidak teratur, dan stres yang berkepanjangan juga turut berkontribusi. Disaat penyakit kambuh, biasanya wajah terlihat pucat dan perut nyeri, pedih, serta sesak di bagian ulu hati. Jika terjadi di malam har, tak jarang penderita hingga terbangun ditengah malam dan buang air besar atau diare.
Maag secara alami dapat disembuhkan dengan ekstrak kunyit. Tanaman tersebut dapat menetralkan asam lambung, mengobati infeksi selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir. Senyawa aktif kunyit yang bekerja mengatasi nyeri lambung adalah kandungan minyak atsiri seperti turmerone, cineol, borneol dan zingibene. Kerja senyawa tersebut yakni mencegah produksi asam lambung, sehingga erosi selapu lendir lambung dapat dihindari.
Mengolah kunyit sebagai obat maag tidak terlalu sulit. Cara pertama, cincang dua rimpang kunyit seukuran ibu jari, rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum satu atau dua hari sekali. Jika terasa pahit dapat ditambah madu atau gula merah. Kedua, haluskan kunyit yang sudah bersih, selanjutnya jemur hingga kering menjadi bubuk kunyit. Ambil satu sendok teh, tuangkan air mendidih setengah gelas dan aduk. Kemudian saring dan ambil airnya, tambahkan madu dan siap untuk diminum.
Kunyit dapat mengatasi penyakit lain diantaranya : Diabetes, Tifus, Usus Buntu, Disentri, Keputihan, Haid tidak lancar, Memperlancar ASI, dan mengobati Amandel.
Sebaiknya pemakaian kunyit jangan berlebihan, karena akan menjadikan kandung empedu kosong, sehingga menyebabkan pencernaan terganggu. Jika ingin lebih praktis, dapat menggunakan produk yang diolah secara higienis dengan bahan alami sehingga aman di konsumsi.
Sekian dulu yaaaa, semoga bermanfaat dan Sobat Blogger sehat selalu. Amiiin.
Salam Add-IT

0 komentar:

Posting Komentar