Breaking News
Loading...

Info Post


Teknologi Universal Serial Bus(USB) sudah menjadi standart berbagai perangkat yang terkoneksi ke komputer,mulai dari hardisk, mouse, printer, kamera dan lainnya. USB 1.0 sebenarnyasudah mulai dikenalkan sejak 1996, tetapi mulai populer ketika muncul USB 2.0di awal 2001-an (dengan kecepatan sampai 40×USB 1.0 yaitu 480 Mbits/s atau sekitar 57 Mbytes/s). Kemudian tahun 2010 mulaidikenalkan USB 3.0 bagaimana kemampuannya?

                USB 2.0 dikenal denganistilah Hi-Speed sedangkan USB 3.0 di istilahkan dengan SuperSpeed, karenamemang kecepatannya bisa dikatakan super. Berikut penjelasan yang lebih detail.

Spesifikasi USB 3.0
Beberapa perubahan telah diimplementasikan di USB 3.0 seiring dengan peningkatan pengunaan perangkateskternal dan kebutuhan kecepatan lebih tinggi. Ini penjelasan singkatteknologinya.
èTransferRate
Kecepatan transfer data USB 3.0sekitar 3200 Mbits/s (3.2 Gbits/s atau 400 Mbytes/s), dan secara teori dapatmencapai 4.8 Gbits/s. Kecepatan ini 6 sampai 10× lebih cepat dari maksimalkecepatan USB 2.0.
èDataTransfer
USB 3.0 mengenalkan teknologitransfer data dua arah (full duplex) sehingga dapat membaca dan menulis datasecara bersamaan (simultan). USB 2.0 dan sebelumnya tidak mendukung teknologibi-directional ini.
èPower
Tegangan listrik di USB 3.0 lebihkecil dari USB 2.0 yaitu 4V sedangkan USB 2.0 yang mempunyai tegangan 4.4V,Kemudian arus ditingkatkan menjadi 150mA, sehingga selain lebih hemat energi,sebuah port USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat serta meningkatkanrecharging.
èPowerManagement
Power management yang lebih baikdibanding USB 2.0, sehingga mendukung idle, sleep dan suspend. Berbeda denganUSB 2.0, ketika sebuah perangkat dengan menggunakan koneksi USB 2.0 terpasangpada Komputer, komputer akan yerus memberikan daya terus menerus  ke perangkat tersebut walaupun sedang tidakdiakses.
èBentukfisik
Ujung USB 3.0 sama dengan USB 2.0(standart), tetapi kabel didalamnya akan lebih banyak, ada tambahan 5 jalurkabel dibanding USB 2.0 (total ada 9 jalur kabel.
èKompatibilitas
USB 3.0 kompatibel dengan USB2.0, sehingga perangkat USB 2.0 masih tetap akan bisa digunakan di port USB 3.0dan akan berjalan dengan kecepatan standart USB 2.0. Tetapi tidak bisasebaliknya, perangkat USB 3.0 tidak bisa dipasang di port USB 2.0.
èDukunganSistem Operasi
Windows Vista, 7 dan Linux sudahmendukung USB 3.0, dan Mac akan segera mengikuti. Tetapi untuk Windows XPsampai saat ini belum ada kepastian apakah akan ada update untuk interface baruini.
Beberapa produsen mainboardseperti Gigabyte, ASUS, MSI dan Intel Desktop sudah mempersiapkanproduk-produknya untuk mendukung USB 3.0 . USB 3.0 menjadi ancaman yang seriusbagi perangkat-perangat dengan interface Firewire. Kecepatan transfer data USB3.0 tidak terkejar oleh perangkat Firewire.
Kekurangan
Selain mempunyai berbagaikelebihan, interface USB 3.0 juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranyasebagai berikut :
1.      Panjang kabel. Makimum panjang kabel USB 3.0berkurang menjadi 3 Meter (USB 2.0 maksimal 5 Meter). Meskipun hal ini bisadiatasi dengan menambahkan USB Hub.
2.      Speed Limit, tidak semua perangkat bisamemanfaatkan penuh kecepatan USB 3.0, misalnya Hardisk Magnetik yang terbataspada kecepatan perputaran keping disk.


Bagaimana, apa anda siap mencoba teknologi USB 3.0 ini ?

1 komentar: