Breaking News
Loading...

Info Post

S
enyum merupakan sunnah bagi seorang Muslim. Senyum membawa berlimpah manfaat, namun sangat banyak yang menyepelekan bahkan meninggalkannya. Dari sisi ajaran Islam, senyum adalah sedekah. Artinya, ia memiliki kedudukan yang cukup mulia.

Berikut ini adalah beberapa hasil penelitian tentang manfaat senyum :

1.    Senyum yang ikhlas tanpa paksaan dapat menghindarkan kita dari penyakit kardiovaskuler. Senyum sebanyak 20 kali setiap senyum berdurasi 20 detik dapat menghasilkan endorphin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menghambat epinefrin. Tingginya epinefrin akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan merangsang gerak jantung lebih cepat sehingga dapatmenyebabkan darah tinggi (hiperteensi) yang berakibat pada timbulnya stroke.
2.    Menimbulkan efek relaksasi, perasaan bahagia dan menurunkan tingkat stress.
3.    Mencegah timbulnya sembelit (susah buang air besar). Pada pagi hari, gerak peristaltik usus masih lambat. Maka, zsenyum kita dipagi hari akan merangsang gerak usus akibat kontraksi otot perut yang ditimbulkan oleh senyum. Akhirnya tekanan intra abdominal meningkat.
4.    Marah atau stress dapat menghilangkan banyak kalium akibat kontraksi otot-otot. Akibatnya, si pemarah akan terkena hipokalemia (kadar kalium yang rendah dalam darah) dan dapat berakibat buruk pada system tubuh. Sedangkan orang yang tersenyum akan merileksasikan ototnya sehingga dapat mereduksi pengeluaran kalium. Fungsi kalium itu sendiri adalah meningkatkan keteraturan denyut jantung , mengaktifkan kontraksi otot dan membantu tekanan darah.

Rasulullah saw adalah pribadi yang banyak tersenyum . sebagaimana disebutka dalam hadits yangdiriwayatkan Tirmidzi,”Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam,” (HR. Tirmidzi).

0 komentar:

Posting Komentar